Rabu, 06 Juni 2012

Seleksi SMPIT Madani


Suasana ramai mewarnai gedung SMPIT Madani yang menempati gedung sementara di Jln. HR. Soebrantas No. 21 Panam. Selain karena aktivitas belajar mengajar seperti biasanya, keadaan ini juga disebabakan oleh calon siswa baru yang melaksanakan psikotest (30 Mei 2012)


SMPIT Madani yang merupakan sekolah yang berada dibawah naungan LAZ Swadaya Ummah, yang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2011. Sekolah ini dibangun atas cita-cita memberikan pendidikan gratis yang berkualitas untuk anak-anak kaum dhuafa, karena menyadari bahwa setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati pendidikan berkualitas, tidak terkecuali mereka yang notabene berasal dari keluarga yang kurang mampu. Kurikulum pendidikan sekolah ini juga dirancang mempersiapkan siswa dari sisi akademis tapi juga dari segi pembinaan akhlak dan kedekatan pada sang Khalik.

Sebanyak 47 calon siswa SMPIT Madani mendaftar, yang umumnya berasal dari SD yang berada di wilayah Kec. Tampan, beberapa dari Kec. Tenayan Raya dan peserta dengan domisili terjauh adalah peserta yang berasal dari Kab. Taluk Kuantan. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang cukup besar untuk menyekolahkan anak-anak mereka di SMPIT Madani.

Serangkaian seleksi telah dilaksanakan, dimulai dengan seleksi administrasi (21 Maret - 10 Mei 2012) dengan persyaratan utama, calon siswa berasal dari keluarga dhuafa yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Pejabat RT/RW/Pengurus mesjid setempat. Setelah seleksi administrasi dilanjutkan dengan tes tertulis, tes kesehatan, wawancara orang tua dan siswa, tes baca tulis Al Qur’an dan terakhir ditutup dengan psikotest. Pengumuman seleksi akan disampaikan insyaAllah pada hari Jumat (08/05) meunggu hasil penilaian seleksi dan hasil survey rampung.

Serangkaian seleksi ini dirancang sedemikian rupa dikarenakan keterbatasan dana zakat yang dapat dialokasikan untuk memberikan pembebasan biaya. Dana LAZ Swadaya Ummah yang dimiliki untuk alokasi dana pendidikan bebas biaya ini hanya dapat meng-cover 20 calon siswa, sehingga diharapkan dari proses seleksi ini, siswa yang terjaring nantinya benar-benar adalah siswa yang layak untuk mendapatkan kesempatan berada di SMPIT Madani.

Selain SMPIT Madani, LAZ Swadaya Ummah juga merupakan mitra dari Dompet Dhuafa yang mewadahi SMART Ekselensia, sekolah menengah berasrama, bebas biaya dan akseleratif (5 tahun SMP-SMA). yang berdiri sejak tahun 2004 di Parung, Bogor, SMART EI didedikasikan untuk anak-anak dhuafa berprestasi dari seluruh Indonesia. Dari wilayah Riau sendiri 2 orang siswa dinyatakan lulus, Yoga Rikhaldi Putra dan Abdul Rahim.

1 komentar: